Perhatian untuk member MinangForum untuk membaca peraturan dahulu agar post anda tidak dihapus
Dapatkan aplikasi MinangForum untuk android anda, Klik Disini untuk mendownload


 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
+ Reply to Thread
04-30-2011 03:18 PM

mangango Offline
*

  • Apr 2009
  • 496 posts
  • reputations
  • 4 thanks
    Given 16 thank(s) in 16 post(s)
Post: #1
PAKAIAN Limpapeh Rumah Nan Gadang
[Image: adat-menyambut.jpg]

Lambang kebesaran wanita Minangkabau disebut " Limpapeh Rumah Nan Gadang". Limpapeh ertinya tiang tengah pada sesebuah bangunan dan tempat memusatkan segala kekuatan tiang-tiang lainnya. Apabila tiang tengah ini tidak kuat/ rapuh maka tiang-tiang lainnya ikut jatuh. Dengan kata lain, perempuan di Minangkabau merupakan tiang kukuh dalam rumahtangga. Pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang tidak sama ditiap-tiap nagari, seperti di katakan "lain lubuk lain ikannyo, lain padang lain bilalangnyo". Namun demikian pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang mempunyai sifat umum yang akan di kemukakan dalam tulisan ini.


1) BAJU BATABUE ( Baju Bertabur )

Baju bertabur maksudnya baju yang ditaburi dengan benang emas. Tabur emas ini maksudnya kekayaan alam Minangkabau. Pakaian bertabur dengan benang emas bermacam-macam ragam mempunyai makna bercorak ragamannya masyarakat minangkabau namun masih tetap dalam wadah adat minangkabau yang sama.

2) MINSIE

Adalah bis tepi dari baju yang diberi benang emas. Pengertian minsie ini untuk menunjukkan bahawa demokrasi minangkabau luas sekali, namun berada dalam batas-batas tertentu dilingkungan alur dan patut.

3) TINGKULUAK (Tengkuluk)

Merupakan hiasan kepala perempuan yang berbentuk runcing dan bercabang. Pengertiannya adalah Limpapeh Rumah Nan Gadang di Minangkabau tidak boleh menjunjung beban atau beban yang berat.

4) LAMBAK atau Sarung

Sarung wanita pun bermacam ragam, ada yang jalur, ada yang bersongket dan ada yang berikat. Sarung untuk menutup bahagian tertentu sehingga sopan dan tertib dipandang mata. Tentang susunannya sangat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi suatu daerah. Oleh kerana itu ada yang berbelah dibelakang, ada yang didepan dan ada yang disusun di tepi.

5) SALEMPANG

Pengertian yang terkandung pada salempang ini adalah untuk menunjukkan tanggungjawab seorang Limpapeh Rumah Nan Gadang terhadap anak cucunya dan waspada terhadap segala sesuatu, baik sekarang maupun untuk masa yang akan datang.

6) DUKUAH ( Kalung )

Kalung yang dipakai oleh Limpapeh Rumah Nan Gadang tiap nagari dan luhak di Minangkabau bermacam-macam. Ada yang disebut kalung perada, daraham, cekik leher, kaban, manik pualam dan dukuh panyiaram. Dukuh melambangkan bahawa seorang Limpapeh selalu dalam lingkaran kebenaran seperti dukuh yang melingkar dileher. Dukuh juga melambangkan suatu pendirian yang kukuh dan sulit untuk berubah atas kebenaran. Hal ini dikemukakan "dikisabak dukuah dilihia, dipaliang bak cincin dijari".

7) GALANG ( Gelang )

Terhadap gelang ini dikiaskan "Nak cincin galanglah buliah" ( ingin cincin gelang yang dapat ) Maksudnya rezeki yang diperolehi lebih dari yang diingini. Gelang adalah perhiasan yang melingkari tangan dan tangan dipergunakan untuk menjangkau dan mengerjakan sesuatu. Terhadap gelang ini diibaratkan bahawa semuanya itu ada batasnya. Terlampau jangkau tersangkut oleh gelang. Maksudnya dalam mengerjakan sesuatu harus disesuaikan dengan batas kemampuan. Menurut ragamnya gelang ini ada yang disebut " galang bapahek, galang ula, kunci maiek, galang rago-rago dan galang basa."

8) PELAMINAN

Adalah tempat kedudukan orang besar seperti raja-raja dan penghulu. Pada masa dahulu hanya dipakai pada rumah adat namun sekarang juga dipakai oleh pesta perkahwinan. Hal ini mungkin disebabkan marapulai dan anak daro sebagai raja dan ratu sehari. Perangkatan pelaminan mempunyai kaitan dengan hidup dan kehidupan masyarakat adat minangkabau. Dahulu memasang pelaminan pada sebuah rumah harus dengan seizin penghulu adat dan harus memenuhi ketentuan-ketentuan adat yang berlaku. Pelaminan mempunyai bahagian-bahagiannya dan semuanya saling lengkap-melengkapi bagi mengambarkan kehidupan alam minangkabau..

sumber
Reputation
Comments
 
Possibly Related Threads...
Thread:
  Rumah Gadang Minang Perlu di lestarikan
  BPNB Padang Inventarisasi Rumah Gadang dan Randang
  Benda Purbakala Melayu Dipamerkan di Rumah Budaya Fadli Zon
  Rumah Gadang Terkini: Akankah Hanya Sebagai Ikon Pariwisata Sumatera Barat?
  Kosmopolitanisme dalam Pakaian Adat Minang
  Lestarikan Rumah Gadang
Rainbow Ratusan Keris di Rumah Budaya Fadli Zon
  Puncak Maulid, Tiap Rumah Buat Lamang
  Ditengah Guyuran Hujan Lebat : Ritual Safa Gadang Khidmat
  Sanggar Seni Sumarak Rumah Gadang Meriahkan HUT Pasbar