The following warnings occurred:
Warning [2] file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=http://www.minangforum.com/Thread-Kelok-Sembilan-Tuntas-2012): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden - Line: 806 - File: inc/plugins/fbmeta.php PHP 5.3.28 (Linux)
File Line Function
[PHP]   errorHandler->error
/inc/plugins/fbmeta.php 806 file_get_contents
/showthread.php(1196) : eval()'d code(42) : eval()'d code 1 fb_comment_count
/showthread.php(1196) : eval()'d code 42 eval
/showthread.php 1196 eval
Warning [2] file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=http://www.minangforum.com/Thread-Kelok-Sembilan-Tuntas-2012): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden - Line: 806 - File: inc/plugins/fbmeta.php PHP 5.3.28 (Linux)
File Line Function
[PHP]   errorHandler->error
/inc/plugins/fbmeta.php 806 file_get_contents
/showthread.php(1196) : eval()'d code(131) : eval()'d code 1 fb_comment_count
/showthread.php(1196) : eval()'d code 131 eval
/showthread.php 1196 eval



Perhatian untuk member MinangForum untuk membaca peraturan dahulu agar post anda tidak dihapus
Dapatkan aplikasi MinangForum untuk android anda, Klik Disini untuk mendownload


 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
+ Reply to Thread
04-22-2011 02:43 PM

uwan Offline
*

  • Jan 2009
  • 1.496 posts
  • reputations
  • 12 thanks
    Given 75 thank(s) in 62 post(s)
Post: #1
Kelok Sembilan Tuntas 2012
[Image: 21042011234400KELOKSEMBILAN.jpg]

Untuk Jalan, Sumbar Kebagian Rp950 Miliar

Padang Ekspres
Proyek pembanguan fly over (jembatan layang) Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Kota, diyakini Wakil Ketua Komisi V DPR RI Mulyadi, bakal tuntas tahun 2012 mendatang. Mengingat tahun ini DPR telah menyetujui penambahan dana buat pembangunan megaproyek tersebut senilai Rp85 miliar.

"Dengan adanya penambahan dana tersebut, kita berharap proyek fly over Kelok Sembilan, sudah tuntas tahun 2012. Sehingga bisa diresmikan oleh Presiden SBY," kata Mulyadi didampingi Ketua DPRD Limapuluh Kota Darman Sahladi ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (21/4) siang.

Mulyadi yang merupakan anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI dari Sumbar II (Bukittinggi, Agam Payakumbuh, 50 kota Pasaman, Pasaman Barat, Pariaman, Padang Pariaman).
mengatakan, pembangunan fly over Kelok Sembilan sudah berlangsung lama. Bahkan telah menyita waktu selama hampir tujuh tahun. Namun, pembangunan belum tuntas karena dana yang muncul sedikit.

"Dalam APBD Perubahan 2010, dana lanjutan pembangunan fly over Kelok Sembilan yang tersedia baru Rp40 miliar. Makanya, kita sebagai putra Sumbar yang dipercaya sebagai pimpinan Komisi V DPR RI, mengusulkan lagi anggaran sebesar Rp85 miliar pada APBN 2011," jelas Mulyadi.

Diakui Mulyadi, dana sebesar Rp85 miliar yang ada sekarang, baru cukup untuk lanjutan pembangunan bagian atas fly over Kelok Sembilan. Sedangkan untuk pembangunan dua jembatan pada bagian bawah, diperkirakan butuh dana sebesar Rp150 miliar lagi.

"Inilah yang akan kita usulkan pada tahun 2012 mendatang.
Saya sudah membicarakan ini dengan Menteri PU dan jajarannya. Mereka sepakat, menyelesaikan dulu pembangunan dengan anggaran tahun 2011," ujar pengurus Harian Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Jakarta ini.

Banjir Proyek
Selain keciprat dana lanjutan pembangunan fly over Kelok Sembilan. Menurut Mulyadi, tahun ini Sumbar juga kebagian sejumlah proyek infrastruktur berskala besar. Untuk pembangunan jalan dan jembatan saja, DPR sudah menyetujui anggaran sebesar Rp950 Miliar.

"Jumlah ini sebagaimana disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, sudah tergolong besar. Sebab tahun sebelumnya, dana pembangunan ataupun perbaikan infrastruktur jalan di Sumbar hanya sekitar Rp300 miliar," kata pria kelahiran Bukittinggi, 13 Februarui 1963 ini.

Dia menjelaskan, dana pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sebesar Rp950 miliar itu akan ditebar di berbagai kabupaten/kota. Untuk Kabupaten Padangpariaman dan Agam, kebagian dana lanjutan pembangunan Jalan Sicincik-Malalak sebesar Rp 60 miliar dan jalan Duku-Sicincin sebesar Rp20 miliar.

Sedangkan untuk Kota Padang, keciprat dana pembangunan jalan Alai-By Pas sebesar Rp10 miliar. "Jalan ini merupakan jalur evakuasi tsunami. Sebab, Padang memang dinyatakan rawan bencana gempa dan tsunami," papar Mulyadi yang memiliki latarbelakang konsultan infrastruktur.

Selanjutnya, Komisi V DPR bersama pemerintah juga mengucurkan dana sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan jalan lingkar Ngarai Sianok. "Sekarang, pembangunan ini masih dalam tahap konsolidasi tanah, saya sudah hubungi Bupati Agam Indra Catri," ucap Mulyadi.

Sementara untuk Kabupaten Pasaman Barat, dikatakan Mulyadi, tahun ini akan keciprat dana sebesar Rp35 miliar. Dana sebantaj itu direncanakan untuk pembangunan pelabuhan laut Aiabangih. "Kalau jadi, kita akan rekomendasikan itu sebagai pelabuhan laut terbesar di pantai barat Sumatera," ucapnya.

Selain itu, pemerintah pusat juga mengucurkan dana untuk perluasaan landasan pacu Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Menurut Wagub Sumbar Muslim Kasim, panjang landasan pacu BIM masih kurag 250 meter. Untuk penambahan panjangnya, butuh dana pembebasan tanah.

"Dana pembebasan tanah itulah yang kita anggarkan sebesar Rp20 Miliar tahun 2011 ini. Sedangkan untuk pembangunan box culvert-nya, dianggarkan tahun berikutnya," imbuh insinyur teknik lingkungan ini.

Meski keciprat banyak proyek besar pada tahun 2011, menurut Mulyadi perjuangan masyarakat Sumbar belum berakhir. "Perjuangan kita malah jauh lebih berat. Anggaran yang sudah ada, jangan disalahgunakan. Untuk itu kita minta LSM, media massa, dan masyarakat supaya betul-betul mengawasi spek proyek-proyek besar yang akan diberikan," imbuh Mulyadi.
(This post was last modified: 04-22-2011 02:45 PM by uwan.)
Reputation
Comments
 
Possibly Related Threads...
Thread:
  Kelok Sembilan Longsor
  Gubernur Sumbar Terima Penghargaan Energi 2012
  Limapuluh Kota Gelar Adat Dan Budaya Nusantara 2012 Dibuka
  Kelok 44 Semakin Sempit
  Kelok 9 Ditutup, Fly Over Dibuka
  Kelok 9 Kembali Ditutup, Lalu Lintas melalui Jalur Lama
  Kelok 9 Ditutup Lima Jam
  Jalan Layang Kelok Sembilan Mulai Dibuka
  MULAI 5 AGUSTUS : Fly Over Kelok Sambilan Dibuka
  Payakumbuh Tampil di Iven Parade Tari Nusantara 2012