Perhatian untuk member MinangForum untuk membaca peraturan dahulu agar post anda tidak dihapus
Dapatkan aplikasi MinangForum untuk android anda, Klik Disini untuk mendownload


 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
+ Reply to Thread
04-29-2011 11:02 AM

pangeran Offline
*

  • Dec 2008
  • 1.108 posts
  • reputations
  • 3 thanks
    Given 14 thank(s) in 12 post(s)
Post: #1
Dari Mana dan Siapa Sebenarnya Mandeh Itu?
Ada yang menyebut Mandeh itu ialah Mandeh Rubiah. Asalnya dari Indrapura (Lunang sekarang), memerintah di Pagaruyuang bernama Bundo Kandung. Kalah perang, mengirap (berjalan) bukan lari keluar minta suaka politik, tetapi kembali kekampung mengambil jalan rahasia dan bermukim pada setiap rute yang dilalui.

Mandeh sekarang adalah rute I (rute II Taluk Batangkapeh, rute III Surantiah) dari perjalanannya pulang ke kampung (Lunang). Di setiap rute itu bermukim dan menamakan kampung itu Mandeh Rubiyah.

Untuk kawasan Mandeh ini tersebut dalam cerita rakyat, di Hulu Sungai Nyalo tidak jauh dari Hulu Sungai Mandeh dekat dengan Batu Mundam di utara Sungai Tawa, terdapat kawasan Mandeh Rubiyah yang kemudian dikisahkan dalam kaba Nanggombang disebut Taluk Kualo Ayia Batu atau Nagari Langang Sunyi yakni tempat Puti Andam Dewi, seorang gadis cantik ningrat yang menjadi perebutan Rajo Ungge Layang (pro Portugis) dan Nanggombang.

Bagaimana Mandeh ini sampai di sini ?

Dalam kaba Nan Gombang versi rakyat Pesisir adalah dilatari keterlibatan Mandeh Rubiah dalam perti kaian Rajo Ungge Layang dengan Nanggombang Malin Dewa. Diceritakan ketika Puti Andam Dewi telah bertu nangan paksa dengan Rajo Ungge Layang.

Puti Andam Dewi bersedia kawin dengan Rajo Ungge Layang, dengan syarat yang tidak masuk akal di antaranya: berurat lesung, berpucuk alu, mudik air hilir, empuk batu diparam, terbit mata hari di Barat dsb.” adalah pertanda Andam Dewi tidak suka dengan Rajo Ungge Layang itu.

Akhirnya Andam Dewi digaet orang keramat yang bernama Nanggombang Malin Dewa. Peristiwa itu memicu pertikaian sampai pada puncak anti kalimaks dan melibat kan Rajo Sipatoka (Rajo Portugis atau Rajo Upik) kakak Rajo Ungge Layang. Rajo-rajo itu —disebut raja kafir—, sudah dengan segala cara berusaha membunuh Nang gombang, semua tidak mempan.

Akhirnya dihasut dan dibayarlah Mandeh Rubiah untuk membunuh Nanggombang, adalah sebuah cerita yang sangat kontroversial dengan kepri badian Mandeh yang melatari sejarah Man deh dengan sifat keibuannya dan punya budi basa yang baik dan indah.

Tetapi persoalan ini sebagai manusia Mandeh Rubiah bisa-bisa saja tertipu dan berprilaku begitu, karena terbius dan terhasut mulut manis Raja Portugis itu, kata para tetua di Mandeh.

Persoalan asal Mandeh, sebenarnya dari peristiwa terdamparnya anak-anak Pincalang (Kapal Kecil) Indrapura dari Mukomuko (ketika itu Mukomuko bagian Kerajaan Indrapura) yang nyasar sampai ke rumah Mandeh, boleh jadi sebagai sebuah petunjuk bahwa Mandeh itu dimungkinkan keturunan Mandeh Rubiah dari Lunang.

Catatan : Cerita tentang keterkaitan Mandeh ini dengan Mandeh Rubiah terekam dalam kisah Pulau Cingkuk, Saksi Perjuangan Anak Pesisir” (1990).(marawanews)
Reputation
Comments
 
Possibly Related Threads...
Thread:
  CINDAKU (Legenda Manusia Harimau dari Kerinci)
  Sabai Nan Aluih refleksi Perempuan Minang Sebenarnya
  Datuk Meringgih Sebenarnya Gelar untuk Orang India
  Asal Usul Gadjah Mada dari Kerinci?
  Legenda Palasik, Sang Kanibal dari Minangkabau
  Satu Dongeng dari Nagari Tuo
  Kisah Robin Hood dan Si Pitung Dari Kota Padang
  Sesuatu yang Tersirat dari "Tapian Mandi"
  legenda batu angkek-angkek dari Batu Sangka