The following warnings occurred:
Warning [2] file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=http://www.minangforum.com/Thread-Asal-Usul-Nama-Gunung-Pangilun-Yang-Berada-Di-Kota-Padang-Sumatera-Barat): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden - Line: 806 - File: inc/plugins/fbmeta.php PHP 5.3.28 (Linux)
File Line Function
[PHP]   errorHandler->error
/inc/plugins/fbmeta.php 806 file_get_contents
/showthread.php(1196) : eval()'d code(42) : eval()'d code 1 fb_comment_count
/showthread.php(1196) : eval()'d code 42 eval
/showthread.php 1196 eval
Warning [2] file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=http://www.minangforum.com/Thread-Asal-Usul-Nama-Gunung-Pangilun-Yang-Berada-Di-Kota-Padang-Sumatera-Barat): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden - Line: 806 - File: inc/plugins/fbmeta.php PHP 5.3.28 (Linux)
File Line Function
[PHP]   errorHandler->error
/inc/plugins/fbmeta.php 806 file_get_contents
/showthread.php(1196) : eval()'d code(131) : eval()'d code 1 fb_comment_count
/showthread.php(1196) : eval()'d code 131 eval
/showthread.php 1196 eval



Perhatian untuk member MinangForum untuk membaca peraturan dahulu agar post anda tidak dihapus
Dapatkan aplikasi MinangForum untuk android anda, Klik Disini untuk mendownload


 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
+ Reply to Thread
01-10-2012 08:13 AM

pangeran Offline
*

  • Dec 2008
  • 1.108 posts
  • reputations
  • 3 thanks
    Given 14 thank(s) in 12 post(s)
Post: #1
Asal Usul Nama Gunung Pangilun Yang Berada Di Kota Padang Sumatera Barat
[Image: rmtw1k.jpg]

Berita Sumbar Post | Dari dahulu, legenda tentang asal-usul nama daerah sangat menarik untuk diteliti. Dibutuhkan kemampuan menggali layaknya wartawan untuk mendapatkan banyak informasi dari informan yang dipercaya. selain itu juga dipelukan bukti setidaknya bukti penglihatan yang menguatkan informasi informan. Pada tulisan ini akan diceritakan asal-usul nama Gunung Pangilun yang hingga saat ini hanya sedikit orang yang mengetahui.

Banyak yang tidak mengetahui tentang asal usul dari nama Gunung Pangilun. Dari sebuah penelitian kecil-kecil dengan 2 orang informan yang dipercaya didapat sebuah cerita tentang asal-usul nama Gunung pangilun. Informan sendiri mendapat sebagian cerita dari orang-orang tua saat ia masih kecil. Itulah ciri khas sastra lisan, sumbernya tidak tertulis tetapi didapat dari mulut ke mulut. Berikut kesimpulan dari cerita legenda ini.

Dahulu kala disebuah daerah hiduplah seorang pria tua yang bernama Angku Pangilun. Angku Pangilun tinggal di lereng sebuah perbukitan bersama beberapa anjing peliharaannya. Angku Pangilun ini adalah orang yang sangat dihormati dan disegani di desa karena kesaktiannya. Kesaktian Angku Pangilun tidak hanya menjadi buah bibir di desa saja, tetapi juga di berbagai daerah. Banyak penduduk desa dan penduduk dari daerah lain yang berguru kepadanya atau sekedar meminta pertolongan kepadanya.

Kesaktian yang dimiliki oleh Angku Pangilun sangat banyak. Orang-orang dari berbagai pelosok daerah sering meminta bantuannya untuk berbagai keperluan. Kebanyakan dari mereka pergi menemui Angku Pangilun untuk berobat. Mereka percaya bahwa paureh (ramuan) yang telah dimantrai oleh Angku Pangilun berkhasiat mengobati penyakit. Selain itu, Angku Pangilun juga sering dipanggil untuk menjadi pawang binatang buas yang sering menyerang desa. Tak jarang pula ia dimintai untuk membuatkan Paureh Padi (Ramuan Padi). Paureh Padi ini adalah ramuan yang dibuat agar padi yang ditanam tumbuh subur dan terhindar dari hama.

Di akhir hayatnya Angku Pangilun masih mendapatkan penghargaan yang tinggi dari masyarakat. Penduduk desa dan orang-orang yang menghormatinya sepakat untuk menguburkan jasadnya di puncak tertinggi dari bukit tempat ia tinggal. Puncak tersebut kemudian terkenal dengan nama “Puncak Tampat” atau Puncak Keramat. Untuk menghormati dan mengenang jasa Angku Pangilun yang telah banyak menolong, penduduk desa lalu menamai bukit itu dengan nama “Gunung Pangilun”, dan daerah sekitar juga dikenal dengan nama yang sama.

Di ceritakan informan, sewaktu ia masih kecil banyak orang berziarah ke kuburan Angku Pangilun. Tujuan mereka berziarah anatara lain untuk berdoa agar tanaman padi mereka terhindar dari hama penyakit. Bahan-bahan yang mereka bawa ke Puncak Tampat adalah Paureh Padi yang terdiri atas air sumur yang di dalamnya ditambahkan bunga tujuh rupa dan beberapa potong asam kapeh. Selain membawa paureh padi, mereka juga membawa semacam sesaji berupa 2 gengggam beras, lapek, dan abu tungku rang marando. Lapek adalah makanan ringan yang dibungkus daun pisang, lapek ini ada berbagai macam, ada lapek pisang, lapek sagu, lapek sagan, lapek parancih,dll. Sedangkan abu tungku rang marando adalah abu tungku yang berasal dari rumah yang di dalamnya tinggal seorang janda.

Diceritakan lagi oleh informan, bahwa pada zaman penjajahan Jepang dulu pernah terjadi peristiwa gaib di Puncak Tampat (Kuburan Angku Pangilun). Pada suatu hari ada sebuah pesawat Jepang yang oleng dan hampir jatuh tepat di atas kuburan Angku Pangilun. Karena keramatnya, pesawat yang seharusnya jatuh menimpa kuburan justru malantiang atau menyimpang jauh arah jatuhnya sehingga kuburan tersebut aman.

Hingga kini, cerita ini menjadi legenda karena dipercaya oleh sebagian orang. Umumnya pihak yang percaya adalah orang-orang tua yang tahu dengan cerita Angku Pangilun. Selain mendapat cerita dari mulut ke mulut, di puncak bukit (puncak Tampat) memang terdapat bukti berupa kuburan yang panjangnya kira-kira 3 meter. yang menurut informan adalah ,akam Angku Pangilun walaupun belum jelas keasliannya. berita telah diarsipkan sumbarpost.com
(This post was last modified: 01-10-2012 08:18 AM by pangeran.)
Reputation
Thanks given by: apis
Comments
 
Possibly Related Threads...
Thread:
  Sekilas tentang “Gunung Merapi” Sumatera Barat : Legenda Nenek Moyang Orang Minang
  @@@Asal Usul Danau Maninjau@@@
  LEGENDA ASAL MUASAL NAMA NAGARI TAK BONCAH
  Mitos Daerah Sumatera Barat – Minang Kabau
Rainbow Lembah Anai Sumatera Barat dalam Legenda
  ASAL MULA NAMA SARILAMAK
  Misteri Orang Pendek Sumatera
  Asal Mula Sungai Ombilin dan Danau Singkarak
  Asal Usul Gadjah Mada dari Kerinci?
  Tentang “Gunung Merapi” Sumatera Barat : Legenda Nenek Moyang Orang Minangkabau